Sering-Seringlah Berkumpul dengan Orang-Orang Terdekat, untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda (bag. 1)

Berkumpul bersama dengan orang-orang terdekat, seperti keluarga dan para sahabat atau teman merupakan hal yang sangat menyenangkan. Makan bersama, berbincang, tertawa, atau melakukan aktivitas bersama menjadi hal yang sangat mengasyikkan. Meski begitu setiap orang juga memiliki saat-saat ingin menyendiri, baik sebagai me time untuk privasi diri atau pun menyendiri saat mengalami suatu masalah. Hal yang kedua ini meskipun dapat dikatakan sebagai alternatif yang paling banyak diminati orang untuk menenangkan hati, namun sebaiknya jangan dilakukan terlalu lama, karena akan berdampak negatif bagi kesehatan Anda. American Sociological Association mengemukakan bahwa hal tersebut dapat meningkatkan faktor resiko penyakit janung dan kanker.

Sementara itu, sebuah penelitian lainnya telah menunjukkan bahwa beraktivitas seorang diri memperlihatkan gejala peradangan yang jauh lebih tinggi secara signifikan di dalam pembuluh darah, dibanding mereka yang lebih memilih berkumpul bersama orang-orang terdekat. Hal ini telah diberitakan dalam Men’s Health (09/09/2013).

Orang-orang yang kurang berinteraksi secara sosial atau hanya memiliki satu-dua teman dekat beresiko 24 % lebih tinggi meninggal akibat kanker, serta beresiko 12 % lebih tinggi sekarat karena penyakit jantung.

Penelitian tersebut diperkuat dengan penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa keberadaan teman membuat seseorang bisa tetap sehat karena mereka melindungi dari stres yang muncul akibat berbagai masalah dalam hidup. sedangkan penelitian lainnya menunjukkan bahwa dukungan teman dapat mengurangi tumor pada pasien kanker.

This entry was posted in Informasi Seputar Jantung Koroner. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *