Manfaat Tertawa Bagi Jantung

Sudah banyak pakar kesehatan yang menyatakan bahwa tertawa dapat menyehatkan tubuh manusia. Tertawa dipercaya dapat meredakan penyakit seperti stress, menambah kekebalan tubuh, meningkatkan stamina, dan bahkan membuat awet muda. Namun, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa jika seseorang sering tertawa, harapan hidup meningkat, rasa sakit berkurang, dan kesehatan jantung pun semakin berkualitas.

Orang akan tertawa jika melihat atau mendengar sesuatu yang lucu. Efek tertawa yang dapat memperbaiki kesehatan ini adalah karena dapat membuat orang tersebut terhibur dan merasa lebih bahagia. Saat seseorang tertawa, di dalam tubuhnya akan terjadi pelepasan neurontransmitter dan hormon-hormon seperti kortisol dan adrenalin yang dapat mengurangi penyebab stress. Tertawa membuat otot perut, otot wajah, otot kaki, dan otot punggung ikut bergerak, bahkan paru-paru pun menjadi lebih berkembang. Hal ini tentu saja dapat memudahkan sistem pernafasan, yang juga dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Tertawa dapat memperlancar sistem kardiovaskular tubuh, hal ini disebabkan karena aliran darah akan mengalir semakin lancar. Banyak pakar kesehatan yang mempercayaii jika seseorang tertawa, akan menciptakan emosi positif yang kemudian dapat mempengaruhi sistem endokrin pada tubuh. Tertawa juga menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri saat merespon sebuah lelucon. Studi lain juga menunjukkan bahwa tertawa dapat membuat seseorang berusia lebih lama dan awet muda.

Penelitian dari Universitas Maryland menunjukkan bahwa seseorang yang tertawa selama 15 menit dapat melancarkan pembuluh darah serta meningkatkan aliran darah. Bahkan jika seseorang menyimak sebuah acara yang dapat membuat tertawa dalam durasi sekitar 40 menit setelah makan dapat membantu pembatasan kenaikan kadar glokosa darah. Melihat hal ini, ada baiknya kita mulai membuka diri dengan berbagai tontonan yang lucu dan menyegarkan agar kita senantiasa tertawa dan mendapatkan kualitas kesehatan yang lebih baik.

Sumber: http://palembang.tribunnews.com

This entry was posted in Informasi Seputar Jantung Koroner. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *