Yoga pun Mampu Meringankan Beberapa Penyakit Kronis (bag. 1)

Yoga semakin populer sebagai salah satu olah tubuh (olahraga) yang memiliki banyak manfaat, terutama bagi kesehatan tubuh. Yoga dipercaya mampu memperbaiki postur tubuh, melindungi persendian dari rematik dan artritis, melindungi tulang punggung, mencegah osteoporosis, melancarkan peredaran darah, membersihkan limfa, menjaga memori, menurunkan gula darah dan kolesterol jahat, menurunkan berat badan, dan lainnya. Tidak hanya itu, sebagai salah satu olahraga yang memiliki filosofi sebagai bentuk pendekatan diri kepada sang Maha Pencipta, yoga sangat bermanfaat untuk menenangkan pikiran, jiwa, dan hati. Sehingga Anda akan memperoleh dua manfaat sekaligus yaitu keseimbangan antara jasmani dan rohani.

Lebih jauh mengenai manfaat yoga bagi tubuh, berikut ini akan dipaparkan mengenai beberapa penelitian yang berkaitan antara yoga dengan manfaatnya bagi beberapa jenis penyakit kronis, seperti jantung, kanker, dan lainnya.

1. Gangguan Ritme Jantung

Penelitian yang dilakukan oleh The University of Kansas menemukan bahwa melakukan yoga dengan intensitas dua minggu sekali mampu mengurangi frekuensi getaran dari fibrillasi atrial. Istilah ini dikenal sebagai kondisi jantung yang bergetar secara tidak terkendali di luar kebiasaan atau kondisi normalnya. Kondisi tersebut dapat menyebabkan rasa pusing, sesak napas, dan jantung berdebar-debar. Sementara akibat terparahnya adalah hingga meningkatkan resiko terjadinya gagal jantung.

Kondisi fibrillasi atrial dapat dibantu dengan melakukan yoga secara rutin, dengan catatan harus dilakukan dengan rencana pengobatan atau terapi medis yang telah dipersiapkan.

Sumber: health.detik.com

This entry was posted in Informasi Seputar Jantung Koroner. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *