Kopi Belum Tentu Buruk untuk Kesehatan Jantung (bag. 2)

Meskipun demikian, kopi tidak membahayakan untuk kesehatan jantung. Seorang dokter menyatakan bahwa kopi tetap aman untuk jantung asalkan dengan syarat tertentu yang harus dipatuhi.

Hal ini dibuktikan oleh seorang ahli penyakit jantung dari Eka Hospital, BSD Tangerang, yaitu Dr. Daniel Tanubudi, SpJP yang sangat menikmati kopi. Dr. Daniel menyatakan bahwa seorang penikmat kopi sejati adalah menyeruput kopi tanpa menggunakan gula dan susu. Selain itu akan semakin lebih baik pula jika kopi yang dinikmati adalah biji kopi arabika.

Sebenarnya biji kopi sendiri mengandung zat antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sehingga tak ada larangan bagi siapa pun untuk menikmati kopi. Sementara itu, kebiasaan orang menikmati kopi dengan gorengan atau pun merokok (terutama bagi kaum pria) itulah yang sebetulnya membahayakan kesehatan.

Pada dasarnya tambahan gula dan krim seperti yang dilakukan orang pada umumnya menjadikan minuman kopi itu tidak sehat. Sebaiknya hindari kebiasaan tersebut, karena akan mengurangi kualitas kopi. Selain tambahan tersebut perlu diperhatikan pula jumlah (porsi) kopi yang dikonsumsi. Apabila berlebihan, maka asupan kafein pun lebih banyak, sehingga inilah yang dimungkinkan menyebabkan jantung berdebar-debar.

Meskipun demikian bagi penderia jantung, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum ingin menikmati kopi. Khusus pasien penyakit jantung, heart rate harus tetap dijaga agar tetap rendah. Karena itulah bagi sebagian orang dengan kondisi ini sebaiknyan hindari kopi.

Sumber: health.detik.com

This entry was posted in Informasi Seputar Jantung Koroner. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *